Prinsip Usability Tugas M2
Menurut Jacob Nielson tahun 1993 (Harrison, dkk,2013),usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian yaitu learnability,efficiency,memorability,erors,dan satisfacation.
-Human Ability
-Human Capability
-Human Capability
-Memory
-Proses
-Observasi
-Problem Solving
-Proses
-Observasi
-Problem Solving
1.Human Abilities
Good : Kapasitas tak terbatas dari LTM (Long-Term Memory)
Durasi & kompleksitas LTM
Tingginya kemampuan belajar
Kuatnya mekanisme perhatian
Kuatnya pengenalan pola
Good : Kapasitas tak terbatas dari LTM (Long-Term Memory)
Durasi & kompleksitas LTM
Tingginya kemampuan belajar
Kuatnya mekanisme perhatian
Kuatnya pengenalan pola
Bad : Kapasitas terbatas STM (Short Term Memory)
Durasi terbatas STM
Akses untuk LTM kurang bisa diandalkan
Rawan kesalahan pengolahan
Pengolahan Lambat
User Centered Design (UCD)
metode dalam suatu perancangan desain yang berfokus pada kebutuhan user,Bagian dari SDLC (System Development Life Cycle),sehingga desain aplikasi yang dikembangkan melaui UCD akan dioptimalkan dan fokus pada kebutuhan end-user sehingga diharapkan aplikasi yang akan mengikuti kebutuhan user dan user tidak perlu mengubah prilaku untuk menggunakan aplikasi
Memory
Secara umum ada 3 jenis/fungsi memori:
1.Tempat penyaringan (sensor)
2.Tempat memproses ingatan (memori jangka pendek) perhatian
3.Memori jangka panjang
1.Tempat penyaringan (sensor)
2.Tempat memproses ingatan (memori jangka pendek) perhatian
3.Memori jangka panjang
Type Memory
Terdapat 4 tipe memori:
1.Perceptual Buffer (Memori Sensor)
2.Short Term Memory (STM)
3.Intermediate
4.Long Term Memory (LTM)
Memory Episodik merupakan representasi internal dari sebuah peristiwa yang dialami secara langsung
Contoh: saat seseorang mengingat kala kucing mengejutkannya di tengah malam dengan melompat keranjangnya,orang tersebut telah memanggil kembali memori episodik
Contoh: saat seseorang mengingat kala kucing mengejutkannya di tengah malam dengan melompat keranjangnya,orang tersebut telah memanggil kembali memori episodik
Proses informasi pada manusia terdiri dari 3 sistem utama:
1.perseptual menagani sensor dari luar sebagai buffer untuk menampung masukan yang diterima dari indra manusia diproses untuk di teruskan ke otak (memory)
2.kognitif memproses hubungan keduanya
3.sistem motor memngontrol aksi/respon (pergerakan,kecepatan,kekuatan)
1.perseptual menagani sensor dari luar sebagai buffer untuk menampung masukan yang diterima dari indra manusia diproses untuk di teruskan ke otak (memory)
2.kognitif memproses hubungan keduanya
3.sistem motor memngontrol aksi/respon (pergerakan,kecepatan,kekuatan)
Observation
1.Orang lebih fokus untuk menyelesaikan masalah,tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif.
1.Orang lebih fokus untuk menyelesaikan masalah,tidak untuk belajar menggunakan suatu sistem secara efektif.
2.Orang menggunakan perbandingan jika tidak ada penyelesaian
3.Orang lebih kepada heuristic daripada algorithmic lebih mencoba - coba daripada pemikiran matang
4.Orang lebih memilih sub-strategi untuk masalah yang tidak terlalu penting
5.Orang belajar strategi lebih baik dengan latihan
3.Orang lebih kepada heuristic daripada algorithmic lebih mencoba - coba daripada pemikiran matang
4.Orang lebih memilih sub-strategi untuk masalah yang tidak terlalu penting
5.Orang belajar strategi lebih baik dengan latihan
Pemecahan Masalah (Problem Solving)
Deduktif if A then B
Induktif Generalisasi dari kasus sebelumnya untuk belajar tentang yang baru
Abduktif Reasons from a fact to the action or state that caused it
Deduktif if A then B
Induktif Generalisasi dari kasus sebelumnya untuk belajar tentang yang baru
Abduktif Reasons from a fact to the action or state that caused it
Komentar
Posting Komentar