Stara Sosial

Stratifikasi Sosial

Istilah stratifikasi berasal dari bahasa Latin, yang tersusun dari kata “stratum” yang berarti tingkatan. Maka, secara harfiah, yaitu tingkatan masyarakat dalam sebuah kehidupan sosial. Istilah umum dari stratifikasi sosial adalah pelapisan sosial.

Pengertian Stratifikasi Sosial

Pengertian stratifikasi sosial adalah pemisahan masyarakat kedalam kelompok tertentu berdasarkan kriteria atau sifat yang dibutuhkan. Stratifikasi sosial menempatkan kelompok atau individu dalam tingkatan yang berbentuk hierarki. Stratifikasi sosial dapat juga disebut sebagai pelapisan sosial.
Dari penjelasan singkat mengenai stratifikasi sosial di atas, dapat disimpulkan bahwa masyarakat dapat terbagi menjadi beberapa tingkatan sesuai dengan status dan peran yang dimiliki.
Bentuk – bentuk stratifikasi sosial
 Terbentuknya stratifikasi sosial sangat terkait dengan nilai – nilai yang dijunjung tinggi dalam kehidupan masyarakat. Meskipun standar nilai yang tinggi tersebut berbeda -beda dalam suatu kelompok masyarakat di seluruh dunia. Akan tetapi kebanyakan dari nilai tersebut memiliki tujuan yang pastinya akan memberikan hasil yang terbaik bagi kelompok tersebut. Standar nilai yang berharga tersebut akan sangat tergantung dari sudut mana seseorang memandangnya. Secara umum nilai – nilai tersebut dapat dikelompokkan ke dalam tiga kriteria, yakni kriteria ekonomi, kriteria sosial, dan kriteria politik.
  • Bentuk Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kriteria Ekonomi
Stratifikasi sosial berdasarkan kriteria ekonomi dapat dilihat dari segi pendapatannya, kekayaan dan juga pekerjaan suatu individu ataupun kelompok. Dalam hal ini faktor yang menentukan lapisan tingkat sosial dalam individu/ kelompok dalam suatu masyarakat didasarkan pada tingkat ekonomi individu/ kelompok tersebut. Dengan kata lain individu/ kelompok yang mampu memperoleh kekayaan ekonomi dalam jumlah besar biasanya akan menduduki lapisan teratas, dan sebaliknya bagi  mereka yang tidak berhasil dalam mengumpulkan jumlah kekayaan ekonomi seperti pada tingkatan diatasnya akan seringkali menempati lapisan bagian bawah.
  • Bentuk Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kriteria Sosial
Stratifikasi sosial berdasarkan kriteria sosial merupakan pengelompokkan individu/ kelompok dalam masyarakat berdasarkan status sosial yang dimiliki oleh individu/ kelompok tersebut didalam kehidupan bermasyarakat. Status sosial merupakan kedudukan yang dimiliki oleh seseorang dalam suatu pola interaksi sosial tertentu.
  • Bentuk Stratifikasi Sosial Berdasarkan Kriteria Politik
Status sosial yang berdasarkan kriteria politik merupakan pengelompokkan lapisan masyarakat yang berdasarkan atas tingkat kekuasaan yang dimiliki oleh suatu individu atau kelompok. Semakin besar kekuasaan individu atau kelompok tersebut, maka akan semakin tinggi pula statusnya di tengah – tengah kehidupan masyarakat. Pengertian dasar dari kekuasaan merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi pihak lain agar mengikuti kehendak atau kemauan dari individu atau kelompok tersebut.

Refrensi : 
https://materiips.com/bentuk-bentuk-stratifikasi-sosial

Hasil gambar untuk strata sosial dalam kehidupan
source picture by : dosensosiologi.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem informasi pada PT.Unilever Tbk

Role Model

Jika bekerja di desain grafis ingin menjadi apa?